5 Hal yang Harus Dibahas Sebelum Menikah, Demi Masa Depan Keluarga

Pernikahan membutuhkan persiapan dalam segala hal dan dari semua aspek kehidupan. Mulai dari mempersiapkan mental hingga resepsi pernikahan.

Namun yang tidak boleh dilewatkan adalah mempersiapkan rencana masa depan. Berikut ini yang harus didiskusikan sebelum melangsungkan pernikahan.

1. Jumlah Anak
Salah satu tujuan dari menikah adalah membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahma serta mendapatkan keturunan agar kehidupan tetap berlanjut.

Agar ketika sudah menikah benar-benar siap menghadapi perubahan akan mengandung dan akan memiliki anak.

2. Tempat Tinggal
Tempat tinggal harus dibicarakan dengan pasangan, apakah tinggal satu atap dengan mertua atau memilih hidup berdua. Karena ketika hidup bersama mertua tentu ada perasaan segan, merasa tidak bebas dan tidak enak hati nantinya.

Maka dari itu diskusikan masalah ini sebelum melangsungkan pernikahan.

3. Masalah Pekerjaan
Ketika sudah menikah nanti apakah sama-sama bekerja atau suami saja yang bekerja. Sebelum menikah harus diskusikan masalah ini agar tidak terjadi pertengkaran.

4. Pekerjaan Rumah
Umunya, seorang istrilah yang menanggung pekerjaan rumah tangga. Namun hal ini harus didisukusikan apakah semua pekerjaan akan dilimpahkan kepada istri, apakah suami juga membantunya atau bahkan mendatangkan asisten rumah tangga.

5. Mengelola Keuangan
Keterbukaan dalam masalah keuangan harus dilakukan oleh pasangan terutama ketika sudah menikah. Sebelum menikah pun harus mendiskusikan bagaimana cara mengelola keungan nantinya.

Bagaimana caranya mengelola keuangan dengan sangat baik dan tidak mengunakan uang dengan boros.