4 Tips Mujur dan Hidup Selalu Berkah

Tidak terasa hari berganti hari, bulan berganti bulan, padahal amalan belum meningkat dan dosa yang dilakukan semakin bertambah.

Kita semua tentu ingin hidup yang penuh dengan keberkahan, karena tujuan hidup bukan hanya mencari kesenangan, mencari uang. Kita tidak mau menghabiskan waktu hanya untuk mencari uang lalu mati.

Maka dari itu kita harus melakukan beberapa hal lainnya agar hidup kita benar-benar bahagia dan berkah. Dan tidak bisa kita dapatkan jika kita tidak melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Selalu Bersyukur
Perasaan tidak bahagia salah satunya disebabkan karena kurang bersyukur, bisa jadi selama kita selalu merasa kurang, padahal yang kita miliki sudah lebih dari cukup.

Kita cenderung melihat kehidupan orang lain diatas kita sehingga terus merasa kurang. Agar kita bahagia dan merasa kaya kita harus merasa cukup, harus bersyukur maka kita pun akan merasa kaya.

2. Bikin Rencana Keuangan
Membuat rencana keuangan berdasarkan proiritas dan kebutuhan. Mulai dari yang sangat penting dan tidak penting, mana kebutuhan yang bisa ditunda dan tidak, juga kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu tidak boleh sembarangan merencakan keuangan ini. Jangan mengikuti keinginan dan gaya hidup, karena jika mengikuti gaya hidup pasti pengualaran akan membengkak.

3. Jangan Berhutang
Hutang akan menjadi beban dikemudian hari, maka dari itu hindari berhutang. Jika menuruti keinginan sebanyak apapun uangnya tidak akan terasa kurang. Kuncinya adalah merasa cukup dan bersikap irit.

4. Menabung
Salah satu cara agar memiliki banyak uang adalah dengan cara menabung. Karena sedikit demi sedikit akan menjadi banyak, meskipun sedikit yang terpenting konsisten dan berpenderian kuat. Misal menyisihkan uang setiap harinya sebanyak 5 ribu rupiah atau 10 ribu rupiah.