3 Tips Untuk Orang Tua Agar Anak Gampang Minum Obat

tribunnews.com

Memiliki kesedihn tersendiri bagi orang tua ketika anaknya sakit. Tak jarang sang anak tidak meminum obat bahkan sangat rewel ketika diberi obat untuk diminum.

Sehingga orang tua harus membiasakan anak agar terbiasa minum obat sejak kcil.

Karena mereka susah untuk menelan obat. Studi menemukan bahwa 50% anak mengalami masalah saat menelan pil berukuran standar.

Dokter anak Jason Sherman, DO, memberi tips agar anak tidak rewel saat minum obat.

1. Biasakan Sejak Kecil
Sherman menganjurkan kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak menelan pil sejak kecil sebelum memiliki rasa takut terhadap obat.

Rata-rata mereka takut tenggorokannya tidak bisa menelan pil, maka ingatkan kepada mereka bahwa tenggorakan bisa menelan sesuatu yang jauh lebih besar.

Ajarkan anak saat berusia 4-5 tahun sebelum anak menngembangkan rasa takut menlan sesuatu. Karena jika menunggu anak beruia 8-9 tahun sudadh terlambat.

2. Beri Contoh
Orang tua menjadi contoh bagi anaknya dalam hal bertindak dan berbicara. Tunjukkan kepada anak cara meminum pil, menelan pila dan katakan bahwa itu tidak sulit dilakukan.

Jika anak sudah siap, letakkan pil disekitar gigi anak ke arah belakang lidah, sesuaikan dengan dagu agar kepalanya miring ke belakang.

Beri tahu anak, anggap pil ini seperti sepotong makanan dan menelannya.

3. Menyamarkan Rasa
Bianya lapisan obat akan larut ketika memasukkan pil ke dalam mulut lalu tidak menelannya.

Sehingga raa obat yang pahit harus disamarkan dengan makanan lainnya seperti pisang, es krim karena jika lidah sudh dingin maka tidak akan merasakan makanan apapun yang masuk stelahnya.

loading...
loading...