11 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

http://bloktuban.com

Merawat gigi merupakan salah satu hal yang sreing di abaikan sehingga tidak sadar dengan keadaan gigi yang sidah kuning bahkan berlubang.

Gigi yang bersih dan sehat juga berpengaruh pada enampilan kamu karena akan membuat senyuk kami indah serta bau mulut yang segar.

Karena gigir yang kotor juga berpengaruh pada bau mulut, maka dari itu berikut beberapa cara dalam merawat gigi dan mulut.

1. Menyikat dengan Benar
Menyikat gigi dengan lembut agar tidak menyakiti gusi serta arah menyikat gigi yang benar adalah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi.

Selain itu waktu idela yang menyikat gigi adalah 2-3 menit, usahakan bulu sikat gigi halus serta ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang.

2. Berkumur dengan Mouthwash
Setelah menyikat gigi kamu bisa berkumur dengan mouthwash dengan kandungan antiseptik untuk melindungi gigi dari plak serta mengatasi luka pada gusi.

3. Kunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet dapat membersihkan sisa makanan dan plak pada permukaan gigi serta membuat mulut tidak kering.

Akan tetapi permen karet juga dapat merusak gigi maka dari itu setelah mengunyah permen karet jangan lupa sikat gigi.

4. Batasi Wine, Kopi dan Teh
Mulai sekarang konsumsi minuman yang mengandung tannin dan pewarna pada minuman karena dapat menyebabkan adanya plak atau anatomi gigi yang tidak rata..

5. Penggunaan Pemutih Gigi
Kamu juga perlu hati-hati dalam menggunakan pemutih gigi yang kamu berli di pasaran, karena penggunaan pemutih gigi adalah gusi menjadi lebih sensitif.

6. Merawat Gigi Sehat
Seusai makan pastinya akan ada sisai makana pada sela-sela gigi dan jika itu dibiarkan dapat menjadi penyebab gigi rusak.

Akan tetapi hindari enggunaan tusuk gigi lebih baik gunakan dental floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi.

7. Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi
Waktu yang tepa menyikat gigi yaitu setelah sarapan serta sebelum tidur karena pada saat itu tidak ada produksi ludah.

Karena jika dibiarkan maka bakteri dan sisa makanan meningkatkan risiko gigi berlubang.

8. Kerok Lidah
Berkumur saja tidak cukup untuk membersihkan celah-celah pada permukaan lidah, maka itu kerok ldah menggunakan sikat gigi yang memang khusus ada kerokan lidahnya.

9. Batasi Konsumsi Gula dan Asam
Usahakan untuk mebatasi dalam mengkonsumsi gula dan asam karena bakteri akan membuat plak yang akan mengubah gula menjadi asam yang dapat membuat gigi berlubang.

10. Tidak Merokok
Merokok tidak hanya daat menyebabkan bau pada mulut namun juga dapat berpengaruh pada gigi.

Karena zat kimia pada roko dapat membuat gigi menjadi kuning, bibir menghitam serta karies gigi mudah terbentuk.

11. Periksakan Gigi
Periksa gigi itu tidak harus dalam keadaan sakit, akan tetapi untuk menajag kesehatan mulut dan gigi serta mengatasi masalah gigi seperti karang gigi.

loading...
loading...