Seorang Suami Jangan Hanya Menjadi Komentator Ketika Dirumah, Tapi Pastikan Menjadi Teladan yang Baik

  • 1.8K
    Shares

Apa tugas seorang suami? Yaitu memimpin dan mengarahkan istri agar selalu dalam jalan yang di ridhoi Allah. Bukan hanya menjadi komentator ketika berada dirumah, keberadaannya harusnya menjadi suri teladan bagi istri dan anak-anaknya.

Maka dari itu, bila kamu melihat istrimu melakukan kesalahan jangan hanya pandai memprotes atau menyalahkannya, tetapi tegurlah dia baik-baik dengan bahasa yang bijak, dan beritahukanlah secara jelas apa saja yang harus dia perbaiki selanjutnya.

Jangan Hanya Pandai Menegur, Tetapi Pastikan Saat Menegur Kamu Juga Memberikan Pemahaman Yang Bijak

Pacaran Islami via youtube

Ingat, sebesar apapun kesalahan yang diperbuat oleh pasanganmu (istri), kamu sebagai suaminya jangan hanya pandai menegur, apalagi menegurnya sama sekali tidak bijak atau menggunakan bahasa yang kasar, sungguh yang demikian membuktikan bahwa kamu adalah pemimpin yang tidak bijaksana.

Karena seharusnya yang kamu lakukan adalah menegurnya sembari memberinya pemahaman yang bijak, yaitu memberitahukan kesalahannya dengan bahasa yang sama sekali tidak menyakiti hatinya.

Jangan Hanya Pandai Memprotes, Tapi Pastikan Kamu Juga Memberinya Contoh Dengan Baik

Pacaran Islami via youtube

Intinya, jangan hanya pandai memprotes, tetapi pastikan kamu juga memberinya contoh dengan baik. Karena pemimpin yang benar itu tak hanya pandai dalam meneriakkan suara, tetapi lebih kepada bertanggung jawab memberi arahan, mengajak, dan senantiasa mengajari dengan bijaksana.

Jangan Semena-mena Walau Benar Dirimu Seorang Pemimpin, Karena Pemimpin Yang Bijak Itu Adalah Mengarahkan Bukan Hanya Banyak Bicara

gomuslim.co.id

Dan jangan sampai kamu semena-mena walau benar dirimu seorang pemimpin, karena harusnya pemimin yang bijak itu adalah mengarahkan bukan hanya banyak bicara, apalagi sampai mencaci dengan kata-kata yang kasar. Jangan!

Sebab, tak sedikit dari laki-laki yang mena-mena dan sampai mengeluarkan kata tak pantas kepada istrinya, ketika dia mendapati istrinya melakukan kesalahan.

Berilah Istrimu Pemahaman Yang Jelas Sesuai Dengan Yang Telah Disyaria’atkan Allah Dalam Islam

Pacaran Islami via youtube

Harusnya kamu sadar, istrimu tercipta dari tulang rusuk yang bengkok, maka saat kamu mengkasarinya walau hanya sebatas kata-kata, tentu hatinya akan mudah sekali patah.

Namun apa yang seharusnya kamu lakukan saat istrimu bersalah? Yaitu berilah dia pemahan yang jelas sesuai dengan yang telah disyari’atkan Allah dalam islam.

Karena Kamu Dipilih Memang Untuk Menjadi Pemimpinnya, Jadi Saat Dia Bersalah Maka Arahkanlah Dia Kejalan Yang Benar Dengan Penuh Kasih Sayang

Hujan via youtube

Karena kamu dipilih memang untuk menjadi pemimpinya, maka usahakan dirimu benar-benar bertanggung jawab atas apa yang telah Allah amanahkan kepadamu.

Ingat, jangan hanya menjadi komentator, tapi pastikan kamu memberi contoh yang benar lagi bijak, agar kamu menjadi seorang laki-laki yang tetap dihormati oleh istrimu sampai kapanpun dan dimanapun kamu berada.