Menjaga Ucapan Kepada Orang Lain Adalah Upaya Menjaga Ucapan Baik Orang Lain Kepada Kita

  • 6.9K
    Shares

Lisan merupakan salah satu nikmat Allah yang diberikan kepada kita. Lisan merupakan anggota tubuh yang cukup kecil jika dibandingkan anggota badan yang lain.

Akan tetapi, ia dapat menyebabkan pemiliknya ditetapkan sebagai penduduk surga atau bahkan dapat menyebabkan pemiliknya dilemparkan ke dalam api neraka. Gara-gara kurang hati-hatinya kita dalam menjaga setiap ucapan yang keluar dari lisan kita.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya setiap muslim memperhatikan apa yang dikatakan oleh lisannya, karena bisa jadi seseorang menganggap suatu perkataan hanyalah kata-kata yang ringan dan sepele namun ternyata hal itu merupakan sesuatu yang mendatangkan murka Allah Ta’ala

Mulailah Untuk Membiasakan Berfikir Terlebih Dahulu Sebelum Berbicara

oxer-worldnews.blogspot.co.id

Yang paling utama untuk menjaga ucapan kita agar tidak menyakiti orang lain adalah memulai untuk membiasakan berfikir sebelum berbicara. Agar lisan kita tidak sembarangan mengeluarkan perkataan yang hanya akan menyakiti perasaan orang lain.

Karena jika kita mampu berfikir, mereka-reka bait perbait kalimat yang akan terlontar, insyaallah Allahpun juga akan menjaga kita tergelincir pada dosa2 yang akan disebabkan oleh lisan

Bayangkanlah Bagaimana Seandainya Kamu Berada Pada Posisinya

forum.liputan6.com

Setelah bisa berfikir dengan bijak, maka bayangkanlah bagaimana jika seandainya posisi kita berada pada posisinya. Tidakkah kita merasa sakit hati ketika orang lain sembarangan tanpa sopan santun bercakap sesuka hati kepada kita?

Dan tentu sakit bukan, maka dari itu kitapun juga harus demikian kepada orang lain ketika hendak bercakap, agar sedikit banyaknya perkataan yang keluar tidak pernah menyakiti hatinya.

Jangan Seenaknya Berkata Sesuai Dengan Inginmu, Karena Itu Hanya Akan Membuatmu Terlihat Buruk

adhen-news.blogspot.co.id

Iya jangan sampai seenaknnya berkata sesuai dengan ingin kita, sebab hal itu hanya akan membuat kita terlihat buruk. Perhatikan saja orang-orang yang berkata sesuai dengan egonya, yang tak bisa mengontrol perkataannya, yang tak bisa merangkai kata indah dan sopan.

Terlihat tidak berkelas bukan, karena memang perkataan yang sopan dan santun akan menjadikan pemiliknya sebagai sosok yang mulia, dan nampak berwibawa.

Mulutmu Harimaumu, Itu Artinya Kamu Bisa Hina Akibat Perkataanmu Sendiri

lajm.me

Peribahasa yang mengatakan mulutmu hariamaumu adalah perumpamaan jika kita sampai tak bisa menjaga lisan kita dengan baik, maka kehinaan akan menyandang kita.

Karena musuh sebenarnya kita bukanlah orang lain, melainkan kita sendiri. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk menjaga nafsu yang kita miliki agar semua yang ada pada tubuh kita terjaga. Khususnya mulut yang kita miliki, agar kita menjadi peribadi yang anggun sebab ucapan kita yang selalu terjaga dengan bijak.

Selalulah Kendalikan Hati Dan Pikiranmu, Agar Kamu Bisa Mengendalikan Lisanmu

caraberhijab.com

Benar, kita harus selalu bisa kendalikan hati dan pikiran, agar kita bisa senantiasa mengendalikan lisan. Karena jika kita mampu berfikir dengan hati nurani yang kita miliki, maka insyaallah perkataan yang akan kita lontarkan terhadap orang lain tidak akan sembarangan.