Maafkanlah Kesalahan Orang Lain, Hidup Ini Terlalu Singkat Jika Kamu Gunakan Hanya Untuk Mendendam

  • 2.6K
    Shares

Siapapun orangnya pasti tidak akan senang bila diperlakukan tidak semestinya, namun setidak suka apapun kamu pada perbuatan tidak baik yang dilakukan orang lain, tetaplah ingat untuk senantiasa memaafkannya.

Karena, Allah saja maha pemaaf atas hamba-hambanya yang terlanjur berbuat aniaya, apalagi hanya kita seorang hamba yang hakekatnya tidak punya apa-apa di dunia ini.

Lagipula, untuk apa bersifat tidak memaafkan, kepada dia yang terlanjur berbuat salah, sedangkan segala tindakannya kepadamu sudah Allah ingat dengan sempurna.

Maka mulai sekarang bersifatlah bijak, maafkanlah kesalahan-kesalahan yang diperbuat orang lain kepadamu, karena sungguh hiduo ini terlalu singkat jika kamu gunakan hanya untuk mendendam.

Ikhlaskan Maafkan Lalu Lupakan, Agar Hatimu Dapat Kembali Bahagia Seutuhnya

instagram.com/indahnadapuspita

Tentu memanglah sulit memaafkan dia yang terlanjur membuat hatimu sakit dan batinmu tersiksa, namun apapun rasa menderu dalam jiwamu kalahkan dengan terus belajar ikhlas.

Karena dengan ikhlas maka kamu akan mampu memaafkan, dan dengan ikhlas pula kamu akan tahu caranya melupakan, sehingga hatimu dapat kembali bahagia seutuhnya.

Jangan Ingat Terus Perbuatan Tidak Baiknya, Jika Tidak Kamu Selamanya Akan Hidup Dengan Kebencian

instagram.com/indahnadapuspita

Rasa sakit hati akan selalu terasa menyiksa jika kamu sendiri tidak ada kemauan untuk melupakan, sebab coba saja kamu belajar untuk tidak mengingat-ingatnya lagi, maka sungguh hatimu akan kembali tenang.

Karena semakin kamu ingat-ingat teus perbuatan tidak baiknya dulu, maka akan selamanya hidupmu akan dikekang rasa benci.

Anggap Saja Kesalahannya Padamu Adalah Jalan Dari Allah Agar Kamu Lebih Bijak Lagi Melatih Hatimu Dengan Sabar

instagram.com/indahnadapuspita

Lalu kamu harus bagaimana? Yaitu anggaplah kesalahan yang pernah dibuat orang padamu adalah jalan dari Allah agar kamu lebih bijak lagi melatih hatimu dengan rasa sabar.

Dengan demikian, maka tentu hatimu yang tadinya menyimpan benci akan melunak untuk memaafkan, hingga akhirnya disaat kamu ingat kesalahannya maka kamu tak lagi sakit hati dan membenci.

Lagipula, Tanpa Kamu Mengingatnya Pasti Allah Telah Sediakan Ganjaran Atas Perlakuan Buruknya Padamu

instagram.com/indahnadapuspita

Lagipula, untuk apa mengingat-ingat kembali kesalahannya yang pernah dia lakukan kepadamu dimasa lalu, karena tanpa kamu mengingatnyapun pasti allah telah sediakan ganjaran yang setimpah dengan perlakuan buruknya padamu.

Jangan Sampai Kesalahannya Membuatmu Malah Bersalah Kepada Allah, Karena Allah Tidak Suka Jika Kamu Terus Hidup Dengan Keadaan Mendendam

instagram.com/indahnadapuspita

Jadi maafkanlah segera kesalahan dia ataupun mereka yang telah menyakitimu, menghinamu, dan berbuat tidak pantas kepadamu, jika tidak maka sungguh kamu akan merugi sebab ketidak tahuanmu dalam memberi maaf hanya membuatmu bersalah kepada Allah.

Karena Allah sangatlah tidak suka pada hamba-hambanya yang didalam hati dan jiwanya masih berlumur rasa benci dan dendam.