Jangan Terlalu Fokus Mengoreksi Hidup Orang Lain, Agar Kita Tak Pernah Lupa Untuk Introspeksi Diri

  • 4.7K
    Shares

Siapapun kita saat ini, apapun gelar dan jabatan kita, tetaplah sadar bahwa seperfect apapun kita dimata manusia belum tentu dihadapan Allah kita akan memiliki nilai yang sama.

Artinya, sebagus apapun kita dimata manusia tetaplah jangan bosan untuk memantaskan diri dengan kebaikan, jangan pernah lupa untuk introspeksi diri, agar mengoreksi hidup orang lainpun tidak akan pernah kita lakukan.

Sebab, tak sedikit dari kita yang terlalu fokus dan sering mengoreksi kehidupan orang lain, menela’ah kesalahan dan kekurangan orang lian, hingga akhirnya ia lupa untuk introspeksi diri.

Kendalikan Hati Untuk Tidak Terlalu Fokus Pada Hidup Orang Lain, Jika Tidak Mau Diri Sendiri Dilupakan Tanpa Perbaikan

instagram.com/mutiazaharnz

Oleh karenanya, kendalikanlah hati kita untuk jangan terlalu fokus pada hidup orang lain, jika tidak mau diri sendiri dilupakan tanpa koreksi yang benar dan perbaikan yang nyata.

Karena biasanya seseorang yang dalam dirinya ada sifat pandai mengoreksi orang lain, pandai menelik kekurangan dan kesalahan sesamanya, maka biasanya ia lupa untuk megoreksi dirinya.

Semakin Sering Kita Melihat Kesalahan Orang Lain, Maka Sifat Merasa Benar Akan Semakin Menyanding

instagram.com/buruhphoto

Karena tidak bisa dipungkiri lagi, semakin sering kita melihat kesalahan-kesalahan orang lain, maka sifat merasa benar akan semakin menyanding kita.

Benarkah? Iya, karena sifat sombong itu akan selalu mudah menyapa hati, dikala kita tidak benar-benar mampu menjaga hati dengan bijaksana.

Kita Akan Semakin Mudah Mencela, Menjudge, Dan Menerakakan Orang Lain, Dikala Kita Hanya Mampu Mengoreksi

instagram.com/buruhphoto

Bukan cuma itu, dikala kita semakin terfokus pada kesalahan dan kekurangan orang lain, maka sungguh untuk mencela, menjudge, dan menerakakan orang lain akan mudah kita lakukan.

Sebab itulah mengapa kita harus selalu lebih sibuk mengintrospeksi diri sendiri daripada hanya sibuk mengoreksi kehidupan orang lain.

Sebaliknya, Jika Kita Sibuk Introspeksi Diri Sendiri, Maka Tidak Akan Mudah Bagi Kita Mengoreksi Hidup Siapapun

instagram.com/buruhphoto

Namun sebaliknya, jika kita hanya sibuk introspeksi diri, maka tentu tidak akan mudah bagi kita mengoreksi hidup siapapun.

Karena pasti perasaan tidak sempurna akan selalu muncul, sehingga melunakkan hati untuk selalu mengusahakan menjadi lebih baik senantiasa kita lakukan.

Karena Sifat Menelik Kesalahan Dan Kekurangan Orang Lain Muncul Dikala Kita Tidak Bisa Bijak Menelik Kesalahan Dan Kekurangan Diri Sendiri

instagram.com/buruhphoto

Maka hati-hatilah wahai diri, jangan sampai kita terkecoh oleh perasaan “merasa sudah baik”, karena kadang kita hanya merasa saja, padahal tidak dengan nyatanya.

Selalu kendalikan hati untuk terlalu fokus pada kehidupan orang lain, karena semakin kita fokus maka semakin mudah kita menelik kesalahan dan kekurangan mereka, sehingga akhirnya kita lupa untuk bijaksana menelik kesalahan dan kekurangan diri sendiri.