Jaga Ucapanmu, Sebab Kata-kata Salah yang Terucap dan Melukai Hanya Bisa Dimaafkan, Sulit Untuk Dilupakan

  • 1.2K
    Shares

Jagalah lisanmu, jagalah ucapanmu, dimanapun dan dengan siapapun kamu berhadapan. Sebab kata-kata yang terucap dan melukai hati hanya bisa dimaafkan, namun sulit untuk dilupakan.

Karena jiika tajamnya lidah sudah menyayat hati, maka bekas yang tertinggalpun tidak akan mudah luntur, meski benar dia yang kamu sakiti hatinya dengan ucapanmu sudah memberi maaf.

Mulutmu Harimaumu, Maka Jangan Sampai Dirimu Sendiri Hina Sebab Perkataanmu yang Hina

instagram.com/nikeandria_

Dan sebab itulah mengapa dikatakan mulutmu adalah harimaumu, karena perkataan buruk yang keluar dari lisanmu bisa saja menelanmu dalam kehinaan yang besar.

Maka jagalah lisan dan perkataanmu, jangan sampai kata-kata yang keluar dari lisanmu itu memakan dirimu sendiri dalam musibah yang besar.

Berpikirlah Sebelum Bicara, Jangan Sampai Setelah Berbicara Kamu Menyesal Dengan Sangat

instagram.com/nikeandria_

Berpikirlah sebelum kamu berbicara, jika kamu rasa hal yang hendak kamu ucapkan tidak menyenangkan saat orang lain berkata padamu maka pastikan kamu tidak mengatakannya, karena hati yang lainnyapun sama sepertimu.

Intinya, jangan sampai setelah berbicara kamu merasa menyesal karena telah terlanjur mengucapkannya, sebab hal yang kamu ucapkan adalah hal yang melukai hati.

Sungguh Perkataan yang Menyayat Hati Sulit Dilupakan, Maka Pastikan Kamu Tidak Seenaknya Dalam Berkata-kata

instagram.com/nikeandria_

Karena sungguh perkataan yang menyayat hati itu sulit sekali untuk dilupakan, butuh perjuangan yang haus ditempuh dengan rasa sabar dan rasa ikhlas.

Untuk itu, pastikanlah kamu tidak seenaknya berkata pada orang lain, jangan berkata hanya karena kamu ingin sedangkan orang lain tidak, sungguh yang demikian akan menyisakan luka yang mendalam.

Berkatalah yang Baik, yang Sekiranya Membuatmu Mulia di Hadapan Allah Maupun di Hadapan Manusia Lainnya

instagram.com/nikeandria_

Tetapi berkatalah yang baik-baik, yang menurut Allah baik dan menurut orang lain juga baik, agar kamu senantiasa mulia dimanapun kamu berada.

Sungguh seseorang itu bisa mulia dengan lisannya, dan bisa hina dengan lisannya pula.

Jangan Menyakiti, Sungguh Perkataan yang Terlanjur Menyayat Hati Terkadang Sulit Terlupakan

instagram.com/nikeandria_

Jangan menyakiti, jika memang kamu rasa hal itu tidak pantas dan menyakitkan maka jangan kamu lontarkan, walau benar tujuanmu hanya untuk bercanda saja.

Karena sungguh perkataan yang terlanjur menyayat hati meski telah terampuni, terkadang dia masih saja sulit untuk dilupakan dengan sempurna.