Dunia Boleh Saja Kamu Kejar, Tetapi Jangan Lupakan Akhirat Agar Tak Menyesal

  • 3.2K
    Shares

Semua orang pasti menyukai keindahan dunia dan sesisinya, harta, tahta, dan jabatan, karena sesungguhnya yang demikian akan menjadi syarat ibadah, bila kita bijkasana dalam mengejarnya.

Dengan harta kita bisa berbagi, dengan tahta kita bisa menolong dan bisa melindungi orang yang lemah, serta dengan jabatan kita bisa lebih luasa melihat orang yang membutuhkan.

Lantas, sah-sah saja bila kita menyenangi hal keduniaan, tetapi walau dunia boleh saja kita kejar seperti yang kita mau, maka sudah sepantasnya kita melaksanakan tanggung jawab kita pada yang menciptakan dunia dan seisinya.

Dengan kata lain, dunia boleh saja kamu kejar, tetapi jangan pernah lupakan hal keakhiratan, agar kelak kamu tidak menyesal.

Tidak Ada Yang Melarangmu Menyenangi Dunia Dan Seisinya, Hanya Saja Jangan Sampai Kamu Lupa Akan Tanggung Jawabmu

traveller.id

Jadi benar bila ada diantara kita yang berkata “Tak ada seorangpun yang tidak menyukai dunia dan seisinya, bila ia masih diberi kenikmatan hidup oleh sang kuasa” karena memang tidak bisa dipungkiri, selagi kita bernyawa tentu kenikmatan hidup itu akan senantiasa menyanding.

Oleh karenanya bijaklah menikmati hidup, dan lebih tepatnya adalah tidak ada yang melarangmu menyenangi dunia dan seisinya, hanya saja jangan sampai kamu lupa akan tanggung jawabmu kepada Rabb-mu.

Tetaplah Ingat Bahwa Dunia Yang Kamu Kejar Hanya Akan Bertahan Sesaat, Agar Kamu Tak Mudah Bermaksiat

traveller.id

Sesenang appaun kamu dalam menyenangi dunia (harta), tetaplah ingat bahwa dunia yang kamu kejar saat ini hanya akan bertahan sesaat, jadi dengan sennatiasa mengingat yang demikian maka tentu kamu tidak akan mudah bermaksiat kepada Allah.

Ingatlah Akan Tujuan Hidupmu, Dan Ingatlah Pula Bahwa Dunia Hanya Persinggahan Semata

traveller.id

Ingatlah akan tujuan hidupmu, dan ingatlah pula bahwa dunia yang kamu pijaki, yang kamu senangi, dan yang kamu kejar saat ini hanya persinggahan semata.

Karena negeri yang akan kamu tuju sebenarnya adalah akhirat, maka jangan sampai saat kamu mengejar dunia lantas kamu lupa kepada kehidupan di akhirat, dan lalai mengerjakan kewajibanmu.

Akhiratlah Tujuanmu Tinggal Yang Sesungguhnya, Maka Saat Mengejar Keindahan Dunia Tetaplah Ingat Tugasmu Sebagai Seorang Hamba

traveller.id

Iya, akhiratlah tujuan tinggal yang sesungguhnya, maka saat mengejar keindahan dunia tetaplah ingat akan tugasmu sebagai seorang gamba. Jangan pernah kamu lupakan ibadahmu, karena amal ibadahmulah yang akan menjadikanmu senang di akhirat kelak.

Kerjakan Kewajibanmu Dan Tunaikan Tanggung Jawabmu, Agar Rasa Senangmu Tak Hanya Bertahan Di Dunia, Tapi Sampai Kelak Di Akhirat

traveller.id

Maka kerjakanlah apa yang menjadi kewajibanmu dan tunaikanlah tanggung jawabmu, meski kamu sudah sibuk mengejar kesenangan dunia, agar rasa senangmu tidak hanya bertahan sesaat, tetapi sampai kelak di akhirat.