Dosa Dapat Dihapuskan Dengan Taubat, Tetapi Amal dan Pahala Bisa Musnah Karena Riya’

  • 2.3K
    Shares

Dosa dapat dihapuskan dengan taubat, tetapi amal dan pahala dapat dimusnahkan dengan riya’. Maka hati-hatilah dalam menjaga diri, terutama keadaan hati.

Jangan sampai karena saking banyaknya kebaikan yang kamu lakukan, lantas kamu seenaknya membanggakan diri.

Sebab jika kamu terbiasa demikian, maka jangan heran bila nantinya dihadapan Allah kamu tidak mendapat ganjaran atas kebaikan yang kamu lakukan.

Walau Dia Pelaku “Maksiat” Bukan Berarti Dia Penghuni Neraka. Maka Jagalah Sikapmu Agar Tidak Sembarangan Men-Judge

My Hijrah Story via youtube

Maka siapapun kamu saat ini, sudah seberapa banyak kebaikan yang kamu lakukan, jangan sampai kamu menyombongkan diri dan merasa telah begitu baik dalam segala halnya.

Ingat, jangan pernah men-judge orang yang saat ini masih berdosa, karena walau dia pelaku “maksiat” bukan berarti dia penghuni neraka, maka jagalah sikapmu sebijak mungkin.

Walau Kamu Ahli Ibadah Bukan Berarti Kamu Penghuni Surga. Jadi Tidak Usah Terlalu Membanding-bandingkan Dirimu

My Hijrah Story via youtube

Karena walau kamu ahli ibadah bukan berarti kamu telah nyata menjadi penghuni surga. Jadi tidak usah terlalu membanding-bandingkan apa yang kamu lakukan dengan orang yang masih dalam kemaksiatan.

Jangan Memandang Kejahatan Orang Lain Seperti Dia Pasti Ke Neraka, Karena Tidak Ada Yang Tahu Bagaimana Posisinya Disisi Allah

My Hijrah Story via youtube

Jangan memandang kejahatan orang lain seperti dia pasti ke neraka, karena tidak ada yang tahu bagaimana posisinya disisi Allah. Bisa jadi saat ini juga ia taubat, dan taubatnya bisa lebih ikhlas dari dirimu.

Jangan Memandang Kebaikan Diri Sendiri Seperti Pasti Kita Akan Ke Surga. Karena Tidak Ada Yang Tahu Amal Yang Mana Yang Diterima Oleh Allah

My Hijrah Story via youtube

Jangan memandang kebaikan diri sendiri seperti kita akan ke surga. Karena tidak ada yang tahu amal yang mana yang akan diterima oleh Allah, dan kita tidak tahu kebaikan yang kita lakukan benar-benar telah lillah, atau malah sebaliknya.

Jadi Tetaplah Rendah Hati Seberapa Banyak Kebaikan Yang Telah Kita Lakukan, Agar Kebaikan Kita Tidak Menjadi Sia-Sia Dihadapan Allah

Akhir Penantian via youtube

Jadi, tetaplah rendah hati seberapa banyak kebaikan yang telah kita lakukan, agar kebaikan kita tidak menjadi sia-sia dihadapan Allah.

Dan jingat, jangan sembarangan menerakakan orang lain hanya karena kita telah merasa lebih baik, sebab bisa jadi kitalah yang akan masuk dalam nerakanya Allah karena terlalu sombong. Na’uzdubillah