Diantara Tugas Terbesar Orang Tua Adalah Memperkenalkan Al-Qur’an Kepada Anak, Buatlah Ia Mencintai-Nya

  • 3.7K
    Shares

Anak adalah amanah yang diberikan Allah kepada seorang ayah dan ibu, hatinya masih sangat suci bagaikan berlian yang mahal harganya. Maka tugas kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kesuciannya agar kelak ia tumbuh dewasa dengan tetap mempunyi naluri yang suci.

Ajarkanlah ia tentang ilmu-ilmu Allah, dan didiklah ia dengan ajaran yang telah syari’at tetapkan. Jagalah ia selalu dengan kasih sayang Allah, agar ia mendapat kehidupan yang tak hanya akan membawaya pada kehidupan syurga, tetapi bisa juga membawa hidup ayah ibunya bahagia disyurga kelak.

Dan tugas terbesar orang tua dalam mendidik anak-anaknya adalah memperkenalakannya pada Al-qur’an, buatlah ia mengerti firman-firman Allah yang terkandung didalamnya, agar sampai kapanpun ia dapat mencintainya.

Katakanlah Pada Anak-Anakmu Bahwa Al-Qur’an Adalah Pedoman Hidup Seorang Muslim Sepanjang Masa

saifuddinsyadiri.wordpress.com

Katakanlah pada anak-anakmu bahwa al-qur’an adalah pedoman hidup yang paling berharga bagi seorang muslim. Karena didalamnya Allah telah mengabarkan bagaimana kita harus hidup dengan bijak pada dunianya, dan jelaskan padanya bahwa dengan selalu berpedoman pada Al-qur’an hidup yang kita miliki akan dapat terselamatkan dari siksa Allah kelak diakhirat.

Ajarkanlah Ilmu-Ilmu Yang Terkandung Didalamnya Dengan Penuh Kesabaran Dan Keikhlasan

akhlaqquran.com

Ajarkanlah ilmu-ilmu yang terkandung didalamnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, sebab jika kita mengarahkannya dengan penuh ketelatenan dan ikhlas, ilmu-ilmu yang ia pelajari tidak hanya sekedar akan menjadi sebuah pengetahuan. Ia akan senantiasa mengamalkannya, karena dalam benaknya sudah tertanam dengan tulus betapa pentingnya selalu berpedoman kepada ilmu-ilmu Allah.

Beritahukanlah Padanya, Ketika Ia Sudah Mengetahuinya Hendaklah Mengamalkannya

kabarMakkah.Com

Beritahukanlah padanya tentang apa yang ada didalamnya, kabarkan kepadanya tentang apa-apa yang tidak Allah sukai dan apa-apa yang telah Allah perintahkan. Agar ia bisa selalu mengingat bahwa Allah memang benar-benar melindungi dan mencintai hamba-hambanya.

Dan ketika ia sudah mengerti akan hal itu, insyaallah ia tidak hanya akan menyimpannya dalam otak, tapi ia akan senantiasa mengimplimentasikannya pada amal yang hendak ia kerjakan.

Tegaslah Sebagai Orang Tua Dalam Mengajarkan Apa Yang Telah Allah Ajarkan Dalam Al-Qur’an

yesmuslim.blogspot.com

Dan tegaslah sebagai orang tua dalam mengajarkan apa-apa yang telah Allah ajarkan dalam Al-qur’an. Sebab, kerakter seorang anak ini berbeda-beda, ada yang memang dengan begitu mudah meyerap dan mengerti dengan baik apa ynag telah kita ajarkan padanya.

Tetapi ada pula yang memang sedikit ngeyel untuk mengerti apa yang kita ajarkan, kadang ia bermalas-malasan untuk mendengarkan apa yang telah kita ajarkan.

Maka sebagai orang tua kita tidak boleh bosan untuk selalu mengajarkannya. Karena mencetak generasi yang benar-benar shaleh dan shalehah itu memang membutuhkan kesabaran dan perjuangan.

Sayangilah Anak-Anakmu Dengan Kasih Sayang Allah Yang Telah Diajarkan Dalam Al-Qur’an

khazanah.republika.co.id

Maka sayangilah anak-anakmu dengan kasih sayang Allah yang telah diajarkan didalam Al-qur’an. Cintai ia dengan rahmat yang telah Allah anugerahkan kepadamu sebagai orang tua. Jika ia melakukan kesalahan, tegaslah dalam memberitahunya bahwa yang dilakukannya adalah sesuatu yang dibenci Allah, dan ketika ia senantiasa melakukan kebaikan, maka jangan lengah untuk terus menjaganya.