Beginilah Cara Wanita Shalehah Menjaga Hatinya Agar Tetap Terjaga Bersih

  • 3.5K
    Shares

Wanita shalehah tidak hanya menjaga pandangannya dan menutupi aurat tubuhnya dari pandangan laki-laki yang bukan muhrim. Tapi wanita shalehah juga harus menjaga hatinya agar tetap bersih.

Karena kebersihan hati adalah hal utama yang harus dijaga sebelum semuanya terjaga. Seperti halnya mata, mulut, telinga, tangan dan kaki akan terjaga dengan baik jika hati senantiasa bersih dan bisa dengan bijak mengendalikannya.

Dan wanita shalehah tahu bagaimana cara menjaga hatinya agar tetap terjaga bersih. Oleh karena itu wanita yang benar-benar baik budi pekertinya tidak akan hanya menjaga dirinya agar tetap tertutup rapi, tapi ia juga akan menutup hatinya dari hal-hal yang akan merusak keadaannya.

Hati Yang Bersih Tak Akan Pernah Menyakiti Hati Orang Lain, Jika Ia Di Sakiti, Ia Tidak Akan Membenci Dan Mendendam

anekashare.com

Wanita yang mempunyai hati bersih, ia tidak akan pernah menyakiti hati orang lain. Dan jika ia disakiti ia tidak akan membenci, apalagi sampai mendendam. Karena Hati yang bersih akan menghindari menaruh rasa benci kepada orang lain.

Untuk melakukan hal ini, tentunya kita butuh untuk senantiasa berpikir positif terhadap orang lain. Karena perasaan benci adalah bibit yang bisa tumbuh subur dan menjadi penyakit hati yang lain apabila tidak segera dimusnahkan.

Dengan senantiasa berpikir positif terhadap sikap orang lain terhadap kita, maka kita akan terhindar dari rasa benci ini. Dengan kata lain, apabila orang berbuat jahat terhadap kita, maka jalan terbaik yang bisa kita tempuh adalah menanggapinya dengan sikap yang baik, bukan membalasnya dengan kebencian.

Hati Yang Bersih Tak Akan Pernah Mengecewakan Orang Lain, Jika Ia Di Kecewakan Ia Akan Membalasnya Dengan Kesabaran

thevocket.com

Dalam menjaga kesucian hatinya wanita shalehah tidak akan pernah mengecewakan hati orang lain. Karena sebelum bersikap ia selalu memikirkan terlebih dulu, ia akan membandingkannya dulu kepada diri sendiri.

Dan jika ia dikecewakan, maka ia akan membalasnya dengan kesabaran, karena ia sadar dibalik kekecewaannya Allah tengah mengajarkan hatinya tentang arti sebuah ketabahan hati.

Hati Yang Bersih Tidak Akan Pernah Bosan Untuk Selalu Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

topsy.one

Wanita shalehah akan selalu menjaga kebersihan hatinya dengan tidak pernah bosan untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan. Karena tak ada hal yang paling indah dalam hidupnya, kecuali melakukan sesuatu yang terpuji agar semakin dekat dengan Rabb-Nya.

Hati Yang Bersih Tidak Pernah Merasa Gelisah Jika Orang Lain Mendapat Kenikmatan

mstar.com.my

Wanita Shalehah juga akan menjaga kebersihan hatinya dengan melatih hatinya agar tak pernah merasa gelisah, jika orang lain mendapat kenikmatan. Ntah itu berupa keberhasilan dalam pekerjaan ataupu keberhasilan dalam prestai.

Karena ia selalu sadar, bahwa manusia mempunyai takaran rezeki sesuai dengan porsinya masing-masing.

Hati Yang Bersih Adalah Hati Yang Tak Pernah Sombong Dan Takabbur Ketika Mendapat Rezeki Dari Allah

hmetro.com.my

Dan wanita shalehah akan menjaga kebersihan hatinya dengan tak pernah melakukan hal yang menjtuhkan dirinya, seperti halnya berlaku sombong ataupun takabbur ketika mendapat rezeki dari Allah.

Sebab, ia tahu bahwa rezeki yang diperolehnya adalah amanah dari Allah, maka tak heran jika wanita shalehah selalu sadar diri dan takkan pernah lupa akan daratan.